Cara Membuat Jus Mengkudu Untuk Obat Penyakit Dalam


Assalamu’alaikum.... haiiiii semuanya....... apa kabar???......
Salam sehat untuk semua

Artikel Khasiat Mengkudu Sebagai Obat Mujarab Untuk BanyakPenyakit dan artikel Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Buah Mengkudu sudah di share pada artikel minggu sebelumnya ya sahabat.

Berikut kelanjutan dari artikel minggu sebelumnya, resep tradisional dari buah mengkudu atau yang dikenal dengan buah pace.

sehat dengan mengkudu secara tradisional


Yuk coba sekarang kita tengok di sekitar rumah kita, siapa tahu ada buah ajaib ini.
Kalau kebetulan di lingkungan rumah kita banyak pohon mengkudu, mengapa tidak kita coba untuk mengkonsumsi buahnya yang masih segar???  Berikut ada beberapa resep sehat dengan buah mengkudu yang bisa kita coba:

1.  Resep Pertama:

Buah mengkudu muda dibuat jus dengan cara diblender bersama air masak secukupnya. Untuk menambah rasa, bisa juga ditambah sedikit madu. Ramuan ini diminum 30 menit sebelum sarapan.

Khasiat:

Resep ini berkhasiat untuk membersihkan endapan lemak darah sehingga dapat menyembuhkan aterosklerosis dan stroke. Serta mencegah serangan jantung, dapat membatasi penyerapan lemak, konsumsi dan pembentukan lemak di dalam tubuh, sehingga dapat membantu program diet. Selain itu dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan meredakan pikiran tegang dan stress, gelisah dan rasa tidak nyaman.

2.  Resep Kedua:

manfaat lempuyang untuk obat tradisional

Buah mengkudu matang dihaluskan secukupnya, campur dengan rimpang lempuyang parut, dan beberapa sendok makan air masak. Peras kemudian diminum.


Khasiat:

Resep ini berkhasiat untuk mengobati sakit kuning karena peradangan hati, radang ginjal, radang limpa, serta serangan malaia. Mengkudu dapat membantu membuang cairan empedu dan kolesterol berlebihan. Menyembuhkan radang saluran kencing, yang disebut anyang-anyangan (kencing sedikit-sedikit dan terasa nyeri).

3.  Resep Ketiga:

manfaat jahe untuk obat herbal

Buah mengkudu matang yang telah dihaluskan dicampur dengan rimpang lengkuas parut, serta beberapa sendok air panas. Lalu diperas dan diminum airnya. Untuk penambah rasa, bisa juga ditambah madu atau gula batu secukupnya.

Khasiat:

Berkhasiat untuk menurunkan demam karena flu dan masuk angin, terutama pada anak-anak, mengobati radang tenggorokan dan radang amandel.

Nah resep-resep pengobatan diatas semoga dapat bermanfaat buat kita ya sahabat. Lalu selain resep di atas, apa lagi sih khasiat mengkudu dalam pengobatan secara tradisional???

Mau tahuuu.. yuk lanjutin bacanya.

Khasiat buah mengkudu:

a.  Menstabilkan tekanan darah dan arah kolesterol – otot jantung.
b.  Gangguan dalam tubuh seperti kencing manis, sakit kepala, ginjal, buah pinggang, pundi kencing, pundi empedu dan tiroid.
c.   Mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor.
d.  Sistem pernapasan – resdung, asma, bronkitis, ingus meleleh, batuk, sakit tekak, batuk kering, kolera dan bayi yang demam semalam.
e.  Gangguan penghadaman – perut kembung, ulcer, gastrik, cirit-beret, muntah-muntah, wasir, keracunan makanan.
f.    Mulut dan tekak seperti radang tekak, sakit gusi, dan sakit gigi.
g.  Sakit tulang dan sendi, seperti terseliuh dan gout.
h.  Penyakit kulit seperti bisul, kurap, radang, ulser kulit.
i.    Sakit puan – senggugut, gangguan haid.
j.    Menghilangkan gatal seperti gatal dibagian lipatan badan.
k.   Memulihkan kesan umum penuaan (awet muda).
l.    Menghilangkan ketagihan dadah dan rokok.
m. Membantu sistem kesuburan  lelaki dan wanita.
n.  Meredakan kesakitan (analgesik).
o.  Antioksidan.

Note:
Buah mengkudu hanya membantu mengurangi atau meredakan penyakit tersebut dan bukan menjamin menghilangkan penyakit tersebut. Karena belum ada kajian spesifik untuk semua penyakit tersebut. Jadi ada baiknya konsultasi dulu ke dokter pribadi kamu untuk informasi lebih lanjut.

Lalu mengapa satu jenis tumbuhan dapat menyembuhkan banyak jenis penyakit???
Jawabannya adalah... riset ilmiah menunjukkan bahwa konstituen-konstituen di dalam buah mengkudu memiliki khasiat untuk merangsang respon pembentukan kekebalan tubuh, membersihkan darah, menatur fungsi sel, regenerasi sel rusak dan menghambat pertumbuhan tumor. Fitokimia (zat-zat kimia alami yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan) memiliki khasiat  untuk pencegahan penyakit  dan kaya akan kandungan antioksidan. Mengkudu memiliki spektrum fitokimia yang sangat luas, beberapa diantaranya hanya terdapat di dalam mengkudu. Fitokimia-fitokimia tersebut bersinergi satu dengan yang lain untuk menghasilkan khasiat penyembuhan yang mengagumkan.

Sekian dulu artikel kali ini...... semoga bermanfaat.
Just share ya..... maaf kalau ada salah kata atau salah ketik.

 Baca juga artikel sebelumnya:



Sumber: Kardono, 2010, Budidaya dan Manfaat Mengkudu, Blustru, Ciplukan dan Mahkota Dewa, Jakarta: PT Armandelta Selaras.

 Tag: khasiat, buah mengkudu, kandungan mengkudu, manfaat mengkudu, pace atau mengkudu


Comments