Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Buah Mengkudu


Haiii.... Apa kabar kamu-kamu semuanya.......... 😊😊😊

Sudah tahu khasiat buah mengkudu belum??? Yang belum tahu bisa baca artikel sebelumnya klik disini ya Khasiat Mengkudu Sebagai ObatMujarab Untuk Banyak Penyakit.

Karena khasiat mengkudu sudah dibahas di artikel sebelumnya, jadi kali ini saya mau berbagi info cara menghilangkan bau busuk pada buah mengkudu. Bagi yang belum terbiasa mengkonsumsi buah mengkudu atau yang baru mengenal buah mengkudu masak pasti pengen muntah saat menciaum baunya. Kalau hasil jus buah masak langsung diminum tanpa pengolahan terlebih dahulu, maka bau busuk yang keluar dari jus tersebut menyebabkan muntah.

cara menghilangkan bau busuk pada jus mengkudu

Penyebabnya adalah di dalam buah mengkudu masak, selain terkandung senyawa yang bermanfaat sebagai obat, juga sejumlah asam antara lain asam askorbat, asam kaproat, dan asam kaprik, yang menghasilkan bau busuk tersebut.
Pabrik penghasil jus buah mengkudu yang dapat menghilangkan bau tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara. Di pabrik yang sudah maju, bau dihilangkan secara fisik, kimia, dan biologis. Ada pabrik jus buah mengkudu yang menggunakan buah tua namun belum berwarna kuning cokelat tetapi baru kuning muda. Ketika dikupas bau busuk tidak tercium. Ternyata konsumen mengeluh karena jus tersebut tidak memiliki khasiat seperti sebelumnya.

Ternyata hal ini terkait dengan faktor penentunya, bahwa kehadiran asam penghasil bau tersebut erat kaitannya dengan kehadiran senyawa berkhasiat di dalamnya. Kalau asam penyebab bau tidak ada, maka senyawa berkhasiatpun besar kemungkinan tidak ada pula.
Jadi kalau kamu mau mencicipi khasiatnya buah mengkudu ada baiknya kalau kamu pilih buah yang benar-benar sudah masak atau sudah berwarna kuning kecokelatan. Untuk menghilangkan bau tidak sedapnya, berikut ada cara sederhana untuk menghilangkan bau tersebut. Yuk simak carany... 😊

khasiat madu untuk kesehatan

Cara sederhana menghilangkan bau tak sedap buah mengkudu adalah:

-          Siapkan jus buah mengkudu,
-          kemudian campur rata jus tersebut dengan gula merah atau madu
-          lalu simpan campuran jus tadi ke dalam gelas atau botol selama 2 sampai 4 hari, sehingga terjadi proses fermentasi.
-          Selama fermentasi komponen asam penghasil bau akan terurai, hingga baunya menjadi hilang.


Sekian dulu artikel kali ini...... semoga bermanfaat.
Just share ya..... maaf kalau ada salah kata atau salah ketik.

Baca juga artikel lain Segudang Manfaat Tanaman Ciplukan




Tag: manfaat buah mengkudu, mengkudu, buah mengkudu, jus mengkudu

Comments