Cara Merawat Wajah Sesuai Jenis Kulit Dengan Bahan Alami

Bagi kaum hawa, kecantikan itu penting bangetz ya ladies. Apalagi kalau jadi pusat perhatian bagi orang-orang disekitar. WoooW jadi bikin ngiri tuh.
Kulit cantik berawal dari kulit yang sehat. Tapi karena zaman now orang lebih suka sama yang instan termasuk dalam perawatan kecantikan, jadi tak jarang pula yang mengalami kulit rusak, mau ngilangin jerawat eh justru jerawatnya semakin banyak, dan berbagai masalah lain yang muncul karena produk yang digunakan tidak sesuai sama jenis kulit.
Lalu jenis kulit kamu apa sis??? Beda jenis kulit beda cara perawatan ya... jangan asal. Kali ini saya mau share cara merawat wajah sesuai jenis kulit.

cara merawat wajah sesuai jenis kulit

1.    Kulit Berminyak

Permasalahan kulit seperti jerawat dan komedo memang paling banyak dialami pada jenis kulit berminyak. Ini karena kotoran dan debu yang menyatu dengan minyak lalu menyumbat pori-pori. Kalau tidak segera dibersihkan, lama-lama bisa menyebabkan jerawat atau komedo.
Buat kamu yang punya jenis kulit ini, harus hati-hati dalam merawat kulit wajahmu ya. Jangan sampai perawatan yang kamu lakukan justru merusak lapisan lemak di permukaan kulit. Produksi minyak pada kulit harus dijaga agar kadarnya tetap seimbang.
Untuk perawatan, kamu bisa gunakan sabun pembersih yang diperuntukkan untuk jenis kulit berminyak. Selain itu, gunakan juga penyegar untuk menghilangkan sisa kotoran, sel-sel kulit mati, memperkecil pori-pori, dan mengurangi produksi minyak berlebih. Biasakan untuk membersihkan wajah setiap pagi dan malam hari. Kalau perlu gunakan kuas muka, sehingga kotoran dan sel-sel kulit mati bisa ikut terangkat. Setelah itu usapkan tonik/toner yang mengandung sedikit alkohol. Membersihkan dengan kuas muka juga bisa membantu mencegah jerawat.

a.       Untuk Perawatan Sempurna

Pembersih wajah yang paling sesuai untuk kulit berminyak adalah pembersih yang berbahan susu. Kalau kulit kamu mudah terkena jerawat hindari produk-produk yang bisa merangsang munculnya jerawat, misalnya: lanolin atau natrium laurilsulfat.
Untuk produk kosmetik seperti pelembab atau alas bedak, pilihlah yang bebas minyak (oil free). Lalu, saat menggunakan alas bedak, jangan langsung menambahnya dengan bedak. Sebaiknya tunggu dulu selama beberapa menit sampai alas bedak benar-benar meresap, baru setelah itu gunakan bedak tabur dan ratakan menggunakan kuas. Usahakan untuk tidak memakai spons karena bedak akan tampak terlalu tebal.
Untuk blush on, pilih yang berbentuk serbuk jangan yang gel, agar lebih mudah diratakan dan wajah tidak terlalu mengkilat.
Kalau wajahmu mulai berminyak dan berminyak, segera usap atau keringkan dengan tisu. Jangan langsung diberi bedak karena bisa menyumbat pori-pori.

b.      Untuk Perawatan Ekstra

Untuk mencegah datangnya jerawat atau menghilangkan jerawat, kamu bisa menguapi wajah dengan air panas. Ini bisa untuk mempermudah keluarnya jerawat. Caranya cukup mudah, yaitu:
-          Siapkan sebaskom air panas
-          Tambahkan 4 sendok makan garam ke dalam air tersebut
-          Letakkan wajahmu di atas baskom tersebut selama beberapa menit agar uap air panasnya merata dan terasa oleh wajah.
Selain menguapi wajah seperti cara diatas, kamu juga bisa melakukan peeling (pengelupasan dengan scrub cream) paling tidak sebanyak 2-3 kali seminggu. Peeling ini berguna untuk mencegah tersumbatnya pori-pori.

 Baca juga tips lain seputar garam klik disini.

2.    Kulit Kering

Untuk membersihkan kulit kering, gunakan susu pembersih yang ringan dan mengandung pelembab untuk mengembalikan kadar minyak pada kulit. Jangan menggunakan sabun wajah biasa, apalagi sabun mandi, karena bisa membuat kulit lebih kering.

air mawar untuk kecantikan wajah

a.       Untuk perawatan utama

Pakailah krim wajah yang banyak mengandung pelembab. Kandungan lemak dan minyak akan menempel lebih lama pada lapisan kulit sehingga kelambabannya pun lebih terjaga.

b.      Perawatan Tambahan

minyak Zaitun untuk kecantikan kulit

Kelembaban kulit bisa berkurang karena terkena sinar matahari, angin, atau udara dingin dari AC. Jadi, kamu akan memerlukan perawatan tambahan agar kulit wajah selalu sehat dan terawat. Perawatan utama yang harus dilakukan adalah pada kulit wajah sekitar mata. Jenis perawatan yang bisa dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

-          Batasi penggunaan sabun muka karena bisa mengurangi kadar minyak pada wajah sehingga menjadi lebih kering. Untuk jenis kulit kering, bersihkan wajah sebanyak 1-2 kali sehari. Pilih sabun muka yang benar-benar cocok, sebaiknya yang mengandung minyak zaitun atau gliserin. Selain itu, pakailah air dingin saat mencuci muka, jangan air hangat karena bisa membuat kulit semakin kering.

-          Kalau kulitmu terasa sangat kering, hentikan pemakaian sabun muka. Sebaiknya, gunakan pembersih khusus yang mengandung susu atau produk pembersih lain yang memang benar-benar untuk kulit kering.

-          Gunakan masker wajah, minimal seminggu sekali. Masker lebih dibutuhkan oleh jenis kulit kering karena bekerja lebih teratur untuk membuat kulit menjadi mulus, sekaligus membuatnya lebih sehat dan indah.

-          Jika kulit terasa kering dan seperti berkerut, olesi bagian yang terasa kering dengan minyak zaitun atau gliserin setiap sore setelah mandi. Untuk menghilangkan bau gliserin, kamu bisa menambahkan air mawar.

-          Minumlah air putih minimal 2 liter atau 8 gelas sehari.

-          Hindari udara kering terlalu lama, baik saat cuaca dingin maupun panas.

untuk perawatan cara lain baca tips gula pasir untuk perawatan jenis kulik kering, langsung saja klik disini.  

3.    Kulit Normal

Kulit jenis ini merupakan jenis kulit paling ideal, jenis kulit ini nyaris jarang menemui masalah. Meskipun begitu, tapi tetap membutuhkan perawatan ya ladies. Pakailah sabun khusus muka sehingga tidak mengganggu keseimbangan pH. Kalau kadar pH sampai terganggu, lapisan asam pelindung kulit tidak bisa bekerja optimal untuk meregenerasi sel-sel kulit mati sehingga kulit menjadi kering, rapuh, dan pecah-pecah.

a.       Perawatan Terbaik

Untuk menghindari pengaruh buruk dari sinar matahari, debu dan kotoran, gunakan krim pelindung kulit. Krim ini berguna untuk menghalangi menempelnya zat-zat kimia berbahaya yang berasal dari polusi serta partikel  kotoran lainnya, sehingga tidak akan menembus kulit. Saat malam hari atau menjelang tidur, oleskan krim pelembab dan krim mata agar kulit lebih terawat.

b.      Perawatan Ekstra

Kulit normal juga bisa mengalami stres. Untuk mengatasinya, pakailah masker khusus untuk kulit normal. Saat masker dioleskan, kulitpun akan beristirahat dan menjadi segar kembali.

4.    Kulit Kombinasi

Sesuai dengan namanya, kulit kombinasi adalah perpaduan dari kulit kering dan kulit berminyak. Jadi perawatannya pun tidak boleh sembarangan ya ladies. Kamu harus bisa membersihkan bagian wajah yang lebih berminyak tanpa harus membuat bagian lainnya menjadi lebih kering. Salah satu produk pembersih yang bisa kamu pakai adalah hydro-gel. Kamu tinggal menggosokkan produk tersebut pada wajah sampai meresap ke dalam kulit dan menghasilkan busa kental. Busa yang dihasilkan ini bisa mengangkat kotoran dan sisa-sisa kosmetik yang masih menempel di kulit. Setelah itu, kamu bisa membersihkan wajah dengan penyegar yang bebas alkohol agar tidak membuat kulit menjadi kering.

a.       Perawatan Terbaik

Untuk jenis kulit kombinasi, kamu harus melembabkan daerah yang kering, namun produksi minyak di area yang kadar minyaknya berlebih juga harus dikurangi. Kadang kulit juga cenderung mengeras. Untuk mengatasinya, pakailah krim yang mengandung asam salisilat setiap pagi dan malam hari, namun hindari pemakainan disekitar mata. Untuk daerah yang berminyak, pakailah krim khusus untuk kulit berminyak, sedangkan untuk daerah yang kering, pakailah krim yang mengandung pelembab.

b.      Perawatan tambahan


perawatan wajah jenis kulit kombinasi

Gunakan masker 2 kali seminggu. Ini berguna untuk mengurangi produksi minyak berlebih di daerah T (dahi, hidung, dan dagu) sekaligus untuk melembabkan wilayah pipi. Kalau daerah T kamu cepat kotor, gunakan masker di area tersebut 1 kali seminggu. Tapi ingat, maskernya hanya di pakai di daerah T saja ya, tidak perlu ke seluruh wajah.


Sampai disini dulu artikel cara merawat wajah sesuai jenis kulit, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya.✋✋✋πŸ˜‰

Baca juga artikel lain cantik itu mahal disini.

Tag: tips, cantik alami, jenis kulit wajah, merawat wajah alami, kecantikan wajah alami

Comments